Sumba-News

I-INEWS.COM, Sumba Timur – Pemanfaatan secara optimal energi terbarukan di P. Sumba dapat dijadikan contoh untuk wilayah-wilayah lainnya di Indonesia. Variasi sumber-sumber energi terbarukan yang diterapkan di Pulau Sumba sangat membantu dalam melistriki masyarakat. Tahun 2010, rasio elektrifikasi Pulau Sumba 24,5% dan meningkat pada tahun 2013 menjadi 29,3%.

Pulau Sumba merupakan pulau dengan infrastruktur ketenagalistrikan yang terbatas. Pasokan utama tenaga listriknya dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD). Sumber-sumber energi alternative yang dimiliki sangat beragam dan dengan potensi yang cukup besar.

“Kalau lima tahun akan datang, tahun 2020 Sumba sudah bisa menjadi percontohan dan bisa dikunjungi oleh banyak orang bagaimana kita mengelola energi, maka dengan cepat trend menggunakan energi terbarukan akan terus menjadi sesuatu yang ditiru di bagian-bagian Indonesia lainnya,” ujar Menteri ESDM, Sudirman Said sesaat sebelum meresmikan PLTMH La Au, seperti dikutip dari laman Kementerian ESDM, Kamis (9/4).

Potensi energi terbarukan yang belum tergali di Pulau Sumba adalah dari tenaga air, angin, matahari dan biogas. Potensi tenaga angin yang luar biasa besar sehingga bila dikombinasikan dengan tenaga air akan dapat menggantikan listrik bersumber dari PLTD yang saat ini mencapai 85%.

Pemerintah bersungguh-sungguh menjadikan Pulau Sumba sebagai icon energi terbarukan. Tahun ini kembali akan memberikan bantuan untuk pembangunan infrastruktur EBT di Pulau Sumba dari dana APBN dengan total anggaran sebesar Rp. 114.986.500.000 untuk mempercepat implementasi Program Sumba Iconic Island.

Sejak diinisiasi menjadi icon energi terbarukan pada tahun 2011 hingga saat ini, implementasi pengembangan EBT di Pulau Sumba dalam kerangka Program SII telah mencapai kapasitas terpasang pembangkit berbasis EBT sebesar 5,87 MW yang terdiri dari instalasi Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) mikrohidro, PLT Surya, solar water pumping, PLT Bayu, biomassa, biogas, tungku hemat energi dan jaringan distribusi.

By Lince Eppang – Indonesia Infrastructure News | April 9, 2015 2:02 PM
http://www.indonesiainfrastructurenews.com/2015/04/pulau-sumba-sample-hidup-pemanfaatan-energi-terbarukan/